Siapapun yang pernah mengenyam pendidikan sekolah dasar, pasti mengenal 2πr. Sebuah formula untuk menghitung keliling sebuah bangun geometri datar yaitu lingkaran, 2 kali pi (π) dikali jari-jari (r) .
Namun bagaimana hanya dengan 2 (2πr) dunia bisa belajar tentang transportasi ramah lingkungan dari Belanda? Sederhana saja, 2 (2πr) adalah sebuah semiotika. 2 (2πr) berarti dua buah lingkaran, simbol dari dua roda = bi-cycle. Ya SEPEDA!
Namun bagaimana hanya dengan 2 (2πr) dunia bisa belajar tentang transportasi ramah lingkungan dari Belanda? Sederhana saja, 2 (2πr) adalah sebuah semiotika. 2 (2πr) berarti dua buah lingkaran, simbol dari dua roda = bi-cycle. Ya SEPEDA!
Holland : The Kingdom
of Bicycle
Bersepeda telah menjadi budaya
bagi masyarakat di Belanda sejak akhir abad 19 hingga saat ini. Seluruh lapisan
masyarakat Belanda termasuk anggota kerajaan merupakan pengguna sepeda. Maka tak heran selain dikenal dengan negeri
kincir angin, sepeda merupakan national
identity Belanda. Sebagaimana sejarawan sosial, Anne Ebert berpendapat :
“The tremendous success of the bicycle in the Netherlands can be at least partly explained by the particular way in which the bicycle was constructed and conceived as a promoter of Dutch national identity. To be Dutch meant to cycle, and this viewpoint remains so to this day.”
Cycling culture: the Dutch way of life
Untuk mengurangi dampak polusi, kemacetan, meningkatkan kualitas hidup dan menurunkan angka kecelakaan yang disebabkan oleh peningkatan kepemilikan mobil, pemerintah Belanda telah menerapkan kebijakan-kebijakan untuk mengembalikan sepeda sebagai way of life. Beberapa diantaranya adalah:
- Mengurangi akses mobil ke pusat kota dan menciptakan daerah bebas mobil;
- Membuat tarif parkir di pusat kota lebih mahal;
- Membangun jalur sepeda yang hingga saait ini mencapai 35.000km dengan mengurangi ruang jalan untuk mobil;
- Memfasilitasi pengguna sepeda melalui desain jalan yang terintegrasi, dilengkapi rambu-rambu, parkir serta menjalankan penegakan hukum yang kuat,
- Mengurangi kecepatan maksimum kendaraan di perkotaan sampai 30 km/jam;
- Membuat rencana jangka panjang kebijakan pro-sepeda dalam The Dutch Bicycle Master Plan di bawah naungan Ministry of Transport, Public Works and Water Management.
Nyatanya, usaha pemerintah Belanda
tersebut tidak sia-sia. Pada tahun 1975 penggunaan sepeda mengingkat menjadi 25% dan hingga kini mencapai 40%. Bayangkan
saja jumlah sepeda di Belanda saat ini adalah sekitar 18 juta, melebihi jumlah
populasi manusianya. Semua itu karena Belanda berhasil membuat bersepeda
menjadi aman dan nyaman bagi pengguna sepeda dari berbagai usia. Bahkan membawa
sepeda naik ke atas kereta maupun pesawat juga bukan masalah besar di sana. Tak
pelak saat ini tiga kota di Belanda yaitu Amsterdam, Utrecht dan Eindhoven berada
di ranking teratas The Most
Bicycle Friendly City in the World menurut Copehagenize Index tahun
2013!
What the world can
learn.
Selain murah dan menyehatkan, bersepeda
merupakan green movement untuk mengurangi Global
Warming. Kelangkaan bahan bakar minyak dan polusi jadi permasalahan tak
berujung dunia. Pertanyaan mengenai sustainable transportation yang selama ini yang
prakteknya terhambat oleh mahalnya produksi mobil beremisi rendah mungkin
jawabanya memang sesederhana 2 (2πr
). Maka untuk mewujudkannya,
setiap negara dapat meniru Belanda dalam membangun infrastruktur dan menerapkan
kebijakan yang pro pada pengguna sepeda. Karena sesungguhnya sepeda punya hak
yang sama dengan mobil di jalan raya. I
believe that everyone on earth would like to cycle like the Dutch!
Reference:
8.
http://www.fietsberaad.nl/library/repository/bestanden/The%20Dutch%20Bicycle%20Master%20Plan%201999.pdf
berharap antara 2,
BalasHapus- Jakarta semakin bersahabat dengan sepeda, atau
- aku pindah ke sana :D